Rabu, 30 November 2011

Strategi distribusi


A.   Pengertian manajemen saluran
Saluran Distribusi adalah suatu jalur perantara pemasaran baik transportasi maupun penyimpanan suatu produk barang dan jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.
B.    Keuntungan menggunakan perantara
1.     Produsen memproduksi barang dan jasa dalam keragaman yang terbatas /spesialisasi pada produk tertentu, tidak bisa memenuhi semua kebutuhan konsumen
2.    Produsen memproduksi barang dan jasa dalm jumlah besar, sedangkan konsumen hanya membutuhkan barang dalam jumlah terbatas
3.    Menghindari penumpukan produk pada produsen karena produksi yang terus menerus sedangkan pembelian konsumen hanya untuk waktu-waktu tertentu
C.    Perantara agen
Perantara agen adalah perantara yang menyalurkan barang kepada pengecer tanpa memiliki barangnya. Meliputi :
1.     Agen perusahaan : merupakan penyalur barang perusahaan yang independen untuk beberapa jenis produk yang tidak saling bersaing.
2.    Agen penjualan : melakukan kegiatan yang biasanya dilakukan oleh produsen, yaitu misalnya menetapkan harga, promosi, penyimpanan, transportasi, maupun kegiatan-kegiatan lain untuk mengatasi persaingan.
3.    Broker : adalah pedagang besar yang berusaha mempertemukan antara pembeli dan penjual yang umumnya bekerja untuk temporer pada waktu tersebut.
4.    Pedagang pengumpul dan komisioner : pedagang pengumpul adalah pedaganis brokerg besar yang membeli beberapa produk dari beberapa produsen untuk dijual kembali ke pusat-pusat pasar. Agen komisioner adalah pedagang besar yang membawa sendiri barang dagangan milik beberapa produsen ke pusat-pusat pasar.
5.    Pelelang : adalah pedagang besar yang melakukan penjualannya dengan system lelang.
6.    Kantor cabang penjualan : merupakan salah satu bagian dari organisasi yang dependen terhadap produsen.
D.   Beberapa alternative distribusi
Beberapa alternative distribusi yang akan dibahas di sini didasarkan pada jenis barang dan sekmen pasarnya, yaitu:
• Barang konsumsi, ditujukan untuk pasar konsumen
• Barang industri ditujukan untuk sekmen pasar industry
E.    Saluran distribusi barang konsumen

Adapun macam-macam saluran distribusi barang konsumsi adalah :

1.     Produsen-konsumen
bentuk saluran distribusi yang paling pendek dan panjang sederhana adalah saluran distribusi dari produsen ke konsumen,tanpa menggunakan perantara
2.    Produsen-pengecer-konsumen
Seperti halnya dengan jenis saluran yang pertama ( produsen-konsumen), saluran ini juga disebut sebagai saluran distribusi langsung
3.    Produsen-pedagangbesar-pengecer-konsumen
Saluran distribusi semacam ini banyak digunakan oleh produsen, dan dinamakan sebagai saluran distribusi tradisional.
4.    Produsen-agen-pengecer-konsumen
Disini produsen memilih agen (agen penjualan atau agen pabrik) sebagai penyalur
5.    Produsen-agen-pedagang besar-pengecer-konsumen
Dalam saluran distribusi,prosusen sering menggunakan agen sebagai perantara untuk menyalurkan barangnya kepada pedagang besar yang kemudian menjualnya kepada toko-toko kecil
F.    Saluran distribusi barang produksi
1.     Produsen-pemakai industry
Saluran distribusi dari produsen ke pemakai industri ini merupakan saluran yang palingpendek , dan disebut sebagai saluran distribusi langsung.
2.    Produsen-distributor industry-pemakai industry
produsen barang-barang jenis perlengkapan operai dan acesori ackuipment kecil dapat menggunakan distributor industri untuk mencapai pasarnya
3.    Produsen-agen-pemakai industry
biasanya saluran distribusi semacam ini dipakai oleh produsen yang tidak memiliki departemen pemasaran.
4.    Produsen-agen-distributor industry-pemakai industry
saluyran distribusi ini dapat digunakan oleh perusahaan dengan pertimbangan unit penjualannya terlalau kecil untuk di jual secara langsung
G.    Factor yang mempengaruhi pemilihan saluran

1.     PERTIMBANGAN PASAR

Beberapa factor pasar yang harus diperhatikan adalah
a. konsumen atau pasar industri
b. jumlah pembeli potensial
c. konsentrasi pasar secara geografis
d. jumlah pesanan
e. kebiasaan dalam pembelian

2.    pertimbangan barang

factor yang dipertimbangkan dari segi barang ini antara lain
a. nilai unit
b. besar dsan berat barang
c. mudah rusaknya barang
d. sifat teknis
e. barang standard an pesanan
f. luasnya produk line

3.    pertimbangan perusahaan

dari segi perusahaan factor yang diperhatikan adalah
a. sumber pembelsnjaan
b. b. pengalaman dan kemampuan manajemen
c. c. pengawasan saluran
d. pelayanan yang diberikan oleh penjual
 
4.    pertimbangan perantara

Sumber : - Wikipedia
-      buku dasar pemasaran karya teguh budiarto
-      www.scribd.com/doc/51147359/Perantara-pemsr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar